Friday, October 14, 2011

Asuransi Jiwa

Woooowww menjelang pulang kantor sore ini aku mendapatkan artikel tentang Asuransi Jiwa Term Life
Selama ini setiap mbak Ligwina membahas ttg Asji selalu penasaran produk dr manakah itu
Dan alhamdulillah ternyata waktuku tuk mengetahui ternyata hr ni Jumat 141011 jam 16:35 WIB (soalnya jam post blog nya ini kadang gak on time) via link dari multiply.com
Ternyata produk tersebut tersedia di MANULIFE

Artikel selengkapnya bisa baca DISINI

Okeh takutnya tuh link kira2 eror tow dihapus oleh empunya
Ni ku copas bwat diriku sendiri en teman2 semuanya
Semoga bermanfaat ^_^

------------------------------------------------------------------
PRO ACTIVE PLUS adalah asuransi jiwa jenis term life dari Manulife.
Asuransi Term ini sangat cocok bagi teman-teman yang ingin punya asuransi jiwa dengan Uang Pertanggungan yang besar, tapi PREMInya kecil.

Dalam produk ini tidak ada unsur tabungan, jadi yang terjadi adalah Anda membayar premi untuk menjaga sumber penghasilan Anda, sehingga ketika Anda meninggal dunia, maka klaim Uang Pertanggungan dibayarkan ke ahli waris. Di akhir masa kontrak, Anda TIDAK mendapatkan uang PREMI yang Anda bayarkan.

Sepertinya tidak menguntungkan bukan? memang, di produk ini, yang ditawarkan betul-betul PROTEKSI terhadap diri Anda, dan bukan TABUNGAN. Perusahaan Asuransi juga menanggung resiko yang cukup besar, karena perusahaan asuransi diharuskan membayar sejumlah uang apabila Anda meninggal dunia, dan keluarga tidak harus membayar uang premi sisa masa kontrak.
Asuransi Term life banyak dibicarakan orang sebagai solusi terbaik keuangan Anda. Karena Anda hanya menyisihkan sebagian kecil dari uang Anda untuk memproteksi penghasilan Anda. Dan dana pendidikan, dana pensiun atau yang lainnya dikembang-biakkan dengan REKSADANA.

Untuk mengetahui Uang Pertanggungan yang cukup untuk keluarga Anda. Cobalah hitung berdasarkan PENGELUARAN, dan bukan berdasarkan PENGHASILAN Anda.

Misal: Pak Dodi berumur 30tahun, tidak merokok, anaknya, Rita berumur 3tahun. Pengeluaran per bulan keluarga pak Dodi saat ini adalah  Rp 10juta per bulan.

masa produktif pak Dodi hingga usia 55 tahun, 
masih ada 25 tahun kedepan..

masa pendidikan Rita masih 20 tahun ke depan.

berarti, pak Dodi butuh asuransi jiwanya selama 25 tahun saja, karena setelah 25 tahun lagi, si Rita sudah besar, dah selesai kuliah S1 - pada saat itu dia sudah bisa cari kerja kannn... jadi kalau (maaf) papanya meninggal, tidak akan ada tanggungan sama sekali, karena mamanya bisa minta ama si Rita euy.. :)

dalam jangka waktu 25 tahun ini, pak Dodi bisa ikut asuransi TERM tersebut dengan UP yang memadai.

Untuk mendapatkan UP yang memadai, dengan cara

UANG PENGELUARAN PERBULAN x 12 bulan x 10 = .....

kalau pengeluaran 10juta per bulan

Rp 10 juta x 12 x 10 = Rp  1,2 M.


so, UP Asuransi Jiwanya harus Rp 1,2 M dooong

kenapa harus 1,2 M?

karena kalau pak Dodi gak ada, uang 1,2M dideposito-kan, kemudian bunganya bisa dibuat hidup istri dan Rita sejumlah kira-kira Rp 10juta per bulan.

Sekarang kita lihat rangkuman proposal pak Dodi dengan mengambil program PRO ACTIVE PLUS 20, UP 1,2 M.

Premi Per tahun =  Rp 3.600.000
Masa Pertanggungan = 20 tahun
Setelah dihitung, Premi yang dibayarkan selama 20 tahun, hanya Rp 3.600.000,-  berarti dia hanya menyisihkan Rp 300.000 setiap bulannya, untuk membayar kewajiban premi tersebut. Tidak bisa disebut tabungan, karena bila selama 20 tahun dia sehat wal afiat, dan tidak kurang satu apapun, premi tersebut tidak akan bisa diambil. Tapi kalau terjadi klaim meninggal dunia pada rentang 20 tahun tersebut, maka ahli warisnya langsung dapat Rp 1,2Milyar.

hemm.. kalau mau untung, ya cepat2lah ... oups.. engga deng, kita tidak akan menarik keuntungan dari musibah kan, ini uang yang dibayarkan perusahaan asuransi kepada ahli waris, dan jumlahnya tidak sedikit. Dibandingkan premi yang Rp 3,6jt.

Pro Active Plus bisa memilih masa kontraknya, sesuai dengan kebutuhan
- 5 tahun
- 10 tahun
- 15 tahun
- 20 tahun

atau ada yang berjangka 2 tahun saja == nama program PRO ACTIVE.

Apa bedanya Pro Active dan Pro Active Plus?

Pro Active mempunyai premi yang sangat-sangat murah, tapi setiap tahun akan bertambah preminya seiring dengan waktu.

Pro Active Plus mempunyai premi yang sedang, dan premi tersebut dijaga agar tetap sama jumlahnya dalam masa kontrak. Setiap masa kontraknya berakhir, premi akan bertambah mahal. Kelebihannya, pada saat masa kontraknya berakhir, Klien tidak diseleksi ulang(medical test), dan otomatis diperpanjang asuransinya, biasanya di dunia asuransi dinamakan klausul GUARANTEED RENEWABILITY.

Kalau Anda ingin punya asuransi jiwa term life, Anda harus ingat ya! Tidak mudah untuk ikut asuransi ini, karena preminya kecil dan UP-nya besar. Maka Manulife akan mengadakan seleksi sebelum Anda diterima jadi klien.
Medical test berdasarkan umur dan Uang Pertanggungan yang dipilih. Biaya medical test tidak dibebankan kepada premi, jadi gratisss.. kalau ternyata ditolak oleh Manulife, Premi dikembalikan utuh ke rekening klien.
Untuk mempelajari tentang PROSEDUR APLIKASI ASURANSI JIWA, tolong baca artikel saya yang lain. KLIK DISINI 

RAIDER atau Asuransi Tambahan

Asuransi Tambahan sering juga disebut RAIDER, nah ada beberapa RAIDER yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan dan kemampuanAnda dalam membayar.
Raider yang Tersedia sebagai berikut:
  1. ADDB (Kecelakaan dan Cacat Tetap)
  2. Living Protection (Penyakit Kritis)
  3. Waiver of Premium
  4. Hospital Benefit / Healthsafe

Biasanya Asuransi jiwa murni ini dipasangkan dengan ADDB dan Living Protection. Untuk Memahami Asuransi Penyakit kritis bisa dibaca di artikel LIVING PROTECTION.
Tapi sebelumnya saya ingatkan kembali!
Minimum Premi Di Manulife untuk program asuransi jiwa murni = Rp 3 Juta Per Tahun! Minimum Premi ini belum termasuk RAIDER apa pun.
Jadi Ada yang tanya begini,
"Apakah bisa, saya ingin beli asuransi jiwa term life, ADDB dan Living Protection, dengan budget per tahun = Rp 3juta"
JAWABAN:
"Tidak bisa! - Asuransi PRO ACTIVE PLUS dibeli minimum premi Rp 3 Juta, berarti kalau mau ditambah ADDB dan Living Protection, preminya akan lebih dari 5 juta"

Sekarang kita bahas sedikit tentang ADDB - karena saya tidak menyediakan artikel khusus yang membahas ADDB.


ADDB = asuransi kecelakaan dan cacat tetap


Ketentuan Raider ADDB sebagai berikut
- bisa diambil sama dengan UP Dasar, atau paling banyak 2 x UP Dasar.
- bisa di-klaim sebesar UP apabila meninggal karena kecelakaan
- bisa di-klaim sebesar PERSENTASE UP apabila Cacat Tetap Karena Kecelakaan
- fungsinya menambah Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa, tidak mengurangi UP Asuransi Jiwa.


Contoh 1:
Klien punya asuransi jiwa UP Rp 1 Milyar, tapi tidak punya raider ADDB. Tiba-tiba klien meninggal karena kecelakaan, maka Uang Pertanggungan Jiwanya akan diberikan sebesar Rp 1 M.


Contoh 2:
Klien punya asuransi jiwa UP Rp 1 Milyar, dan ADDB UP Rp 1 Milyar. Tiba-tiba klien meninggal karena kecelakaan, maka Uang Pertanggungan Jiwa diberikan Rp 1 M, dan Uang Pertanggungan ADDB diberikan Rp 1 M. Total yang diterima ahli waris = Rp 2 M.
--- oke kembali bahas ke PRO ACTIVE PLUS

hemm.. Anda Tertarik?

bisa kok saya coba hitungkan berapa Uang Pertanggungan dan PREMI yang paling cocok untuk Anda. Anda bisa kasih data sbb:
- Nama
- Tgl Lahir
- Merokok/Tidak Merokok
- Jenis Kelamin
- telpon
- email
- pengeluaran per bulan
- budget untuk asuransi jiwa

Minimum Premi di Manulife Rp 3.000.000 per Tahun.  Itu Minimum premi Asuransi Jiwa atau program dasar, blum termasuk asuransi KECELAKAAN, PENYAKIT KRITIS, dan terutama blum termasuk WAIVER OF PREMIUM.

Metode pembayaran premi di Manulife hanya dengan PREMI TAHUNAN atau PREMI SEMESTER. Tidak bisa premi Bulanan ya.

tentunya kembali ke budget Anda, bisa saja Anda ingin punya UP 5 Milyar, tapi gak sanggup bayar? Yang bener ajaaa.. mendingan ambil UP yang masuk diakal dengan premi yang bisa diterima oleh kantong Anda. :)

Sebetulnya Artikel ini bisa dinilai blum cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar TERM LIFE. Jangan khawatir, Anda masih penasaran kan? baca Artikel Tanya Jawab TERM LIFE di www.portfoliokita.com. KLIK DISINI

Eh iya, Anda tanya premi sama saya, ya belinya sama saya dong, mosok belinya sama agen Manulife lain.. tega benerrrrr.. :)

tapi boleh kok kalau belinya ke agen di bawah saya, mereka juga term life specialist, sama seperti saya. Kadang saya terlalu overloaded, untuk memaksimalkan service, maka saya menaruh aplikasi Anda di agen saya.  Apa pun yang terjadi, kontrol tetap pada saya ya! 

ditunggu yah calon klien yang baik.   ;)
------------------------------------------------------------------

Untuk Indonesia Yang Kuat cc: Ligwina Hananto My Inspirator ^_^ 

No comments:

Post a Comment