Friday, September 21, 2012

UNIT LINK VS REKSADANA


Saat mau nulis artikel ini en search di google ternyata udah ada yang bahas. Karena sebagian besar penjelasannya hampir sama dengan  yang mau kutulis, tanpa bermaksud menyontek tow males mikir aku copas artikelnya. Tentunya ada yang kuedit en kutambahkan sedikit tp over all 3/4 isi artikel ini hampir sama dengan aselinya. Yuuukkzz dimulaiiii.....

Unit Link adalah program kombinasi antara asuransi jiwa plus investasi yang perlakuannya bersifat sangat fleksibel. Investasi yang disediakan di program Unit Link adalah paket investasi yang resiko investasinya telah diversifikasi (tersebar) ke berbagai portfolio seperti deposito, SBI, Obligasi, Reksadana dan Saham. 

Unit link memberikan manfaat proteksi yang juga bersifat pasti (sama halnya dengan asuransi jiwa murni) selama saldo investasi masih cukup untuk membayar biaya yang terjadi setiap bulanannya. Di Manulife Financial ada istilah NO LAPSE SECURITY, yang artinya manulife tetap menjamin resiko yang terjadi pada diri klien sampai jatuh tempo berikutnya apabila saldo investasi tidak mencukupi untuk membayar biaya – biaya Unit Link tersebut. Premi Unit link bisa lebih murah dari pada asuransi jiwa murni whole life ataupun endowment, tergantung pilihan Uang Pertanggungan minimum hingga maksimum yang memang disiapkan oleh program Unit Link. Disinilah peran dan tanggung jawab agen untuk memberikan pilihan terbaik sesuai tujuan rencana keuangan customer, bukan semata mata kepentingan agen untuk mendapatkan premi yang sebesar besarnya (kan seperti yang saya sebutkan di artikel lainnya, kalau saya akan menjadikan agen yang profesional, nah dalam penentuan Uang Pertanggungan Unit Link ini salah satu contohnya hehehe).

Program Unit Link dipilih untuk maksud mendapatkan manfaat proteksi yang maksimum dan lengkap dengan perlakuan asuransi tambahan (rider) yang sangat fleksibel plus manfaat alternatif investasi. Sehingga, Manulife Indonesia mempunyai beberapa produk Unit Link seperti:
1.   Manulife Investment Protector: memberikan perlindungan jiwa dan pilihan solusi berinvestasi di pasar modal Indonesia, China dan India dengan potensi pertumbuhan yang atraktif dan solusi bagi pengelolaan risiko jiwa Anda dengan sistem single premi.
2.  Max Protection Plan; kombinasi unitlink dengan asuransi jiwa berjangka 10 tahun (AJB 10) dengan masing - masing Uang Pertanggungan.
3.    Protect Invest Plus; diperuntukkan untuk anda yang ingin menikmati potensi hasil investasi yang lebih besar namun modal pokok juga terproteksi.
4.   Manulife Investa; program perlindungan lengkap mulai bayi umur 30 hari sampai dengan usia 70 tahun yang juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi jangka panjang dengan aman.
5.  Manulife Value Protector; tujuan alternatif investasi optimal karena di tahun keenak dst memberikan tambahan return 2% (menjadi 102%) dengan proteksi maksimum (perlindungan sakit kritis dan pembebasan premi mpe usia 99 tahun).

Jadi, Investasi di Unit Link hanya merupakan alternatif investasi, bukan investasi utama customer yang menghendaki return setinggi tingginya (bila tujuannya untuk menjadikan investasi utama, maka pilihan berinvestasi di Reksadana atau di lembaga asset management akan jauh lebih bijaksana).

Reksadana adalah wadah investasi yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan kembali dalam portofolio efek oleh manajer investasi (Bab I Undang-Undang No : 8 thn 1995 tentang Pasar Modal). Adapun jenis Reksadana terdiri atas :
  • Reksadana Saham yang memiliki risiko investasi yang relatif tinggi serta mentargetkan peningkatan nilai investasi dalam jangka panjang dengan tingkat pengembalian yang tinggi. Manajer Investasi hanya akan membeli efek ekuitas/saham yang memiliki kinerja yang baik dengan likuiditas yang baik.
  • Reksadana Campuran yang memiliki risiko investasi yang moderat. Tingkat pengembalian investasi yeng menengah atau relatif lebih menarik dibandingkan dengan instrumen investasi umum lainnya.
  • Reksadana Penghasilan Tetap yang merupakan berisiko rendah serta memberikan tingkat pendapatan berkala yang stabil dan aman.
  • Reksadana Pasar Uang yang merupakan reksadana dengan risiko rendah serta memberikan return yang rendah juga.
Secara prinsip, berinvestasi pada unit link maupun langsung ke reksadana adalah SAMA. Dalil investasi seperti : High Risk High Return maupun Investasi No Guaranted juga berlaku dalam Unit Link maupun Reksadana. Bahkan Unit Link dalam investasinya juga menggunakan Reksadana sebagai salah satu portfolionya. Namun pengelolaan Unit Link oleh Asuransi Jiwa Manulife Financial kerjasama dengan Manulife Asset Management yang biasa disingkat dengan MAMI sehingga dana investasi dapat dikelola lebih maksimal (tetapi produk investasi Unit Link dan produk investasi MAMI berbeda).

Contoh Investasi di Unit Link dan Reksadana :
Misal anda punya uang Rp 1.000.000
Harga Unit (NAB) hari itu Rp 1.000 dan anda beli
Jadi unit anda hari itu adalah 1.000 unit

Seminggu kemudian NAB menjadi Rp 1.500/unit
so uang anda menjadi bernilai Rp 1.500.000
Wow dalam seminggu uang anda BERLIPAT GANDA

Eiiitttssss tapi 2minggu kemudian NAB menjadi Rp 500/unit
so uang anda turun menjadi bernilai Rp 500.000
Huaaahhhhh hiks hiks hiks

Nah makanya Unit Link dan Reksadana secara prinsip dikatakan SAMA dan High Risk High Return.

Secara teknis, berinvestasi di Unit Link berbeda dengan berinvestasi langsung ke Reksadana. Perbedaan ini terletak pada karakter pengelola yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing masing dengan support sistemnya yang sedikit berbeda. Lembaga asuransi memiliki tujuan untuk melindungi resiko financial terhadap jiwa, kesehatan, maupun harta benda seseorang. Sehingga dalam pengelolaan investasi, lembaga asuransi lebih mengedepankan keamanan investasi. Pertumbuhan di atas nilai inflasi merupakan target minimum yang juga dapat melindungi klien dari resiko financialnya tersebut. Sedangkan Reksadana yang dikelola langsung oleh MAMI atau lembaga asset management lainnya, memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan return yang sebesar-besarnya sesuai pilihan paket produk yang di ambil klien. MAMI atau lembaga asset management lainnya juga memiliki berbagai paket produk investasi lainnya yang lebih progresif dengan peluang return yang jauh lebih tinggi. Sehingga dalam pengelolaan investasi, MAMI atau lembaga asset management lainnya lebih mengedepankan keuntungan investasi. Semakin tinggi return yang diharapkan, tentunya memiliki resiko yang juga semakin tinggi dan membutuhkan penanganan yang sangat cepat dan intensif. Karena itu, MAMI atau lembaga asset management lainnya pasti memiliki sistem prosedur teknis yang mendukung pilihan investasi tersebut.

Sangat jelaslah kini terhadap pilihan untuk berinvestasi di Unit Link atau di Reksadana. Bila hendak berinvestasi untuk mendapatkan return setinggi tingginya, pilihan Reksadana yang langsung ke MAMI atau lembaga asset management lainnya akan lebih baik. Bila pilihan klien
memiliki aneka proteksi dan atau alternatif investasi, Unit Link dapat dijadikan pilihan yang patut dipertimbangkan. Pastikanlah terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan keuangan anda ke depan saat ini. Kemudian luangkan waktu untuk mencari informasi yang akurat dan update tentang program dan juga lembaga pengelola serta temukan agen pendamping anda yang profesional dan berkomitmen jangka panjang, agar rencana keuangan masa depan anda bersama keluarga tercinta dapat berlangsung dengan aman dan nyaman. 

Tetapi sekali lagi saya ingatkan, apabila anda memilih Reksadana untuk pengembangan dana / asset anda, maka anda harus mulai memikirkan untuk memilih asuransi yang TEPAT untuk proteksi. Silahkan klik DISINI untuk artikel lengkapnya.

Financial Planning make happier version of you!

Note: Artikel ini merupakan bahasan singkat yang dicopas dari http://allianztime.blogspot.com/2008/08/pilih-unitlink-atau-reksadana.html dan diedit oleh saya sendiri dengan menggabungkan pemahaman yang ada. Semoga bermanfaat dan tidak dipergunakan tanpa tanggung jawab oleh agen lain. Dan anda berminat dengan produk manulife setelah membaca artikel saya? Tinggal hubungin saya, jangan takut dan jangan ragu. Beda kota? NO PROBLEM!!
 
NB : klik DISINI untuk melihat ilustrasi Unit Link VS Reksadana dan Asuransi

CHEERRRSSSS,
                                                             
Tenry Ita Isviyana
Manulife Financial J.Gamma Fortuna
081320460083
vie_cantik83@yahoo.com

No comments:

Post a Comment