Tuesday, October 9, 2012

Gerakan Janin

Waktu terbaik untuk mengamati gerakan janin adalah pada malam hari saat Anda berbaring santai. Atau, pagi hari ketika bangun tidur bila usia kandungan Anda sudah masuk trimester ketiga.

Jika Anda dapat merasakan janin bergerak, baik gerakan halus dan kuat, artinya calon bayi Anda baik-baik saja. Namun, bila Anda merasa janin tidak aktif seperti biasanya, kemungkinan besar ia sedang malas bergerak, dan Anda harus coba bangkitkan semangat geraknya. Karena bila janin tidak merespon rangsangan Anda, dan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari 1 hari segera beritahu dokter, untuk memantau kondisi janin. Mari, kenali gerakan janin sesuai dengan usianya*, supaya Anda bisa ikut memantau perkembangannya.

  • Minggu ke-16 sampai 20. Di minggu ke-16 Anda mulai dapat merasakan gerakan janin seperti tendangan dan tonjokan. Disebut sebagi fase quickening -> Usia Kehamilan minggu ke-16 s/d 20 (06 Juli - 02 Agustus 2012) di Usia #cubbykoi ke-14 s.d 18, hhhhhmmmm belum kerasa euy gerakan janin seperti tendakan dan tonjokan, ato mungkin krn masih gerakan halus en #mamakoi nya yg gak sensitif :)
  • Minggu ke-21 sampai 24. Aktivitas janin makin meningkat. Dia banyak menendang dan jungkir balik, karena volume air ketuban masih sering memungkinkan untuk bergerak leluasa -> Usia Kehamilan minggu ke-21 s/d 24 (09 Agustus - 30 Agustus 2012) di Usia #cubbykoi ke-19 s.d 22, hhhhhmmmm perut tambah terasa berat dan kadang ada gerakan2 halus yang terasa dari #cubbykoi. Karena pengalaman baru, belum bisa ngebedain kapan dia jungkir baliknya, kapan dia nendangnya hehehehhe :)
  • Minggu ke-25 sampai 28. Janin mulai cegukan. Inilah yang menyebabkan Anda merasakan sensasi seperti tersentak-sentak. Dia juga akan bergerak merespon suara dari luar karena pendengarannya makin baik. Kadang-kadang janin ‘kaget’ mendengar suara keras -> Usia Kehamilan minggu ke-25 s/d 28 (06 September - 27 September 2012) di Usia #cubbykoi ke-23 s.d 26, nah gerakan #cubbykoi baru kerasa buanget. Kadang #mamakoi ngerasain #cubbykoi lagi cegukan dan luchu ajiah dengan sentakan - sentakan karena cegukannya itu. Lopiyu cup cup muah muah dari #papakoi dan #mamakoi. 
  • Minggu ke-29 sampai 31. Gerakan janin makin kuat, teratur dan terkendali. Kadang Anda sampai merasakan rahim kontraksi -> Usia Kehamilan minggu ke-29 s/d 31 (04 Oktober - 18 Oktober 2012) di Usia #cubbykoi ke-27 s.d 29, #cubbykoi sering buanget gelitikan peyut kanan #mamakoi, sering deh jadi senyam senyum sendiri. Trus #papakoi sering senterin #cubbykoi juga (ngikutin artikel yang ada di majalah ayahbunda edisi ultah 35 tahunnya). Tapi klo disenterin, #mamakoi ga kerasa apa2 euy, ga nembus kali yaks cahayanya hihihiiiii ^_^. Trus di UK segini, kadang peyut #mamakoi udah miring sebelah en ada jendulan en keras (mungkin itu kepala tow tengkuk si abang #cubbykoi kali yaks). Ohya di UK 31 minggu lebih sehari, #mamakoi ceki2 ke dr.parmanto en alhamdulillah kepala abang udah dibawah (pantes otot miss-V kuw suka sakit kalo jalan). Gpp nak muter2 tapi entar balik lagi yaks ke posisi siap lahir bgitu (kepala di bawah). Kecup kecup muuaahhh :*.
  • Minggu ke-32 sampai 35. Inilah masa puncak aktivitas janin. Dalam minggu-minggu ini, Anda akan merasakan peningkatan frekuensi dan tipe gerakan janin, karena dia semakin besar dan kuat -> Usia Kehamilan minggu ke-32 s/d 35 (25 Oktober - 15 November 2012) di Usia #cubbykoi ke-30 s.d 33, welcomeeee 32minggu abang #cubbykoi. Menyambut ulang minggu nya, tadi malam #cubbykoi diajak maen #papakoi pake senter en dia langsung jungkir balik. Kepalanya yg tadinya ada di sebelah kiri (menebak2 karena agak jendol seh peyut #mamakoi), langsung jungkir balik ke bawah hehehhe luchu amat deehhhh pokoke. Lanjuttt... Dan bener aku merasakan peningkatan frekuensi dn gerakan janin di UK segini. Kadang peyutkuw menyong ke kiri (sebalah kiri puser) ataupun agak ke kanan atas pusar. Tp lebih seringnya gerakan terasa di bagian sebelah kiri. Entahlah itu kakinya tow tangan, blm paham euy hihihiii. Alhamdulillah ceki2 minggu 34, kepalanya udah dibawah. Entar ceki2 lg di minggu ke 36, moga kepalanya masih anteng dibawah
  • Minggu ke-36 sampai 40. Ukuran janin yang semakin besar dan keterbatasan ruang dalam rahim membuat gerakan memutar janin makin berkurang frekuensinya. Bila dia asik mengisap jempol dan tiba-tiba lepas, Anda akan merasakan gerakan darting dan cepat. Itu tanda janin memutar kepalanya untuk mencari jempolnya kembali. Jika perut Anda kurus, kemungkinan besar dapat memegang kaki bayi. Gerakan utama yang Anda rasakan adalah tonjokan tangan atau tendangan kaki janin yang mungkin menyakitkan tulang rusuk Anda -> Usia Kehamilan minggu ke-36 s/d 40 (22 November - 20 Desember 2012) di Usia #cubbykoi ke-34 s.d 38, masuk UK 36 minggu lebih sehari saat updet tulisan ini (23 November 2012), akyu sudah mulai merasakan (mungkin yang dinamakan) kontraksi palsu. Perutkuw pas maren tepat 36 minggu entah berapa kali terasa kejang en mengeras. Pagi ini ajiah (23-11-12) sudah berapa kali merasakan kejang en gerakan gerakan janin di perut bag kiri pusar (katanya kalo cowok emang aktif di kiri, coba kontrol entar sore coba tanya2 ke dokter deh) - semoga #cubbykoi nongol ke dunia tanggal 12 Desember 2012 (UK minggu ke 39 kurang 1 hari tow #cubbykoi minggu ke 37 kurang 1 hari) karena ada 3 alasan: (1) kado ultah untuk #papakoi, (2) 0biar 2 jagoanku dirumah nanti ultahnya barengan, (3) biar dikelilingi angka 1 dan 2 seperti tanggal nikah 21-1-12, (4) #cubbykoi lahir di tgl cantik 12-12-12 secantik tgl nikah ortunya 21-1-12.
*) Gerakan Janin sesuai usianya adalah Usia Kehamilan dikurangi 2minggu seperti kata dr.Parmanto

Sumber : Dari http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Tips/mengenal.gerakan.janin/001/005/181/1

Btw yang mau nonton proses baby 0 - 9 month dalam kandungan sang great moms
Silahkan intip DISINI

No comments:

Post a Comment

Post a Comment